Thursday, January 28, 2010

Android Duduki Posisi Kedua Dunia di 2013


CALIFORNIA - Pertumbuhan pengapalan ponsel cerdas di dunia akan meningkat drastis secara pada tahun 2013. Berdasarkan data IDC, pengapalan ponsel di seluruh dunia mencapai 390 juta unit pada tiga tahun mendatang.

IDC juga memprediksi bahwa ponsel-ponsel berbasis sistem operasi Android akan menduduki posisi kedua teratas di tahun-tahun tersebut. Dari total 390 juta unit ponsel, pengapalan ponsel android mencapai sekira 68 juta unit.

Namun, jumlah pengapalan tersebut hanya menempati posisi kedua di pasar sistem operasi ponsel. Android hanya kalah dari OS lainnya yang juga bertarung untuk menduduki posisi teratas, yakni Blackberry, Symbian dan Windows Mobile, serta OS besutan Apple.

Tapi IDC memperkirakan bahwa Symbian masih akan unggul dibandingkan sistem operasi lainnya hingga 2013. Symbian menguasai pasar sistem operasi ponsel di luar Amerika Serikat.

"Sistem operasi ponsel akan menjadi kunci penting dalam persaingan di pasar ponsel yang kian kompetitif. Meskipun secara keseluruhan tampilan handset tetap menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli ponsel," kata Vice President, Mobility dan Telecom IDC, Stephen Drake seperti dilansir Digitimes, Kamis (28/1/2010).

sistem operasi Andorid, lanjut Drake berkembang sangat pesat. Jumlah pengapalan ponsel berbasis Android pada tahun 2008 hanya sekira 690 ribu unit dan akan mengalami pertumbhan hingga 150,4 persen per tahun. (ugo)

0 comments:

Post a Comment

Followers

| Top ↑ |